Tentang

Saya muslim bernama Febdian Rusydi, anak Rusydi Rusyid dan Ulvi Mariati, adik Andrivo Rusydi, kakak Muhammad Ilhamdi Rusydi dan Anna Fadliah Rusydi, dan suami Ira Puspitasari.

Saya dosen di Jurusan Fisika, Universitas Airlangga, sejak 2007. Saya tergabung dalam grup riset fisika teoretis (TPRG) dengan kepakaran di bidang rekayasa molekul dan material secara komputasional. Profil saya di TPRG dapat di lihat di sini.

Saya dididik sebagai insinyur fisika saat S-3 di Jurusan Applied Physics, Osaka University, Jepang (2010-2014), dan S-1 di Jurusan Fisika Teknik, Institut Teknologi Bandung (1996-2001), dan sebagai fisikawan teori saat S-2 di Jurusan Natuurkunde, Rijkuniversiteit Groningen, Belanda (2003-2005).

Sebelum dosen, saya adalah insinyur perancang dan manukfatur produk di PerkinElmer Fluid Science, Beltsville, Maryland, Amerika Serikat (2001-2002) dan Batam (2002-2003).

Saat masih S-2, saya pernah rutin menulis sains popular di rubrik Cakrawala, Pikiran Rakyat. Sejumlah tulisan saya diarsip oleh LIPI di situs fisik@net (klik “Arsip Artikel Populer”, ketik “Febdian Rusydi“) Banyak pula tulisan-tulisan blog saya yang disalin dan disadur oleh blog-blog lain. Sayang, saya tidak melacak mereka.

Saya juga mengalihbahasakan sejumlah buku berbahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Mungkin hasil terjemahan saya yang terkenal adalah Feynman, Genius Fisika Paling Cool Sedunia.

Selepas S-2, saya mulai fokus pada penulisan ilmiah. Identitas penulis saya adalah sebagai berikut.

Terima kasih atas kunjungan dan waktu Anda.

Don`t copy text!
%d bloggers like this: